Jurusan Kuliah yang Paling Dicari untuk Kerja Kantoran

Kerja kantoran jurusan apa – Mencari pekerjaan kantoran? Ketahui jurusan kuliah yang paling dicari oleh perusahaan untuk mengisi posisi pekerjaan kantoran, beserta keterampilan yang dibutuhkan untuk sukses dalam lingkungan kantor.

Dari administrasi perkantoran hingga manajemen sumber daya manusia, ada berbagai pilihan jurusan kuliah yang dapat mempersiapkan Anda untuk karier yang sukses di bidang ini.

Jurusan Kuliah Relevan untuk Pekerjaan Kantoran

Dunia kerja kantoran membutuhkan tenaga kerja yang terampil dan memiliki pengetahuan yang relevan. Berbagai jurusan kuliah dapat mempersiapkan lulusan untuk terjun ke dunia ini, memberikan mereka dasar yang kuat untuk sukses dalam berbagai peran.

Jurusan Bisnis

Jurusan bisnis merupakan pilihan populer bagi calon pekerja kantoran karena memberikan pemahaman yang komprehensif tentang prinsip-prinsip bisnis, manajemen, dan akuntansi. Lulusan jurusan bisnis memiliki keterampilan yang dibutuhkan untuk bekerja di bidang administrasi, keuangan, pemasaran, dan manajemen operasi.

Jurusan Administrasi Perkantoran

Jurusan administrasi perkantoran dirancang khusus untuk mempersiapkan mahasiswa untuk tugas-tugas administratif di lingkungan kantor. Mereka belajar tentang manajemen kantor, komunikasi bisnis, pengolah kata, dan perangkat lunak spreadsheet. Lulusan jurusan ini sangat diminati untuk peran seperti asisten administratif, resepsionis, dan sekretaris.

Jurusan Teknologi Informasi, Kerja kantoran jurusan apa

Dalam era digital saat ini, jurusan teknologi informasi sangat penting bagi pekerjaan kantoran. Lulusan jurusan ini memiliki keterampilan dalam perangkat lunak komputer, jaringan, dan keamanan. Mereka dapat bekerja sebagai analis sistem, pengembang perangkat lunak, dan administrator jaringan.

Banyak jurusan yang bisa mengantarkanmu ke dunia kerja kantoran. Salah satunya adalah jurusan hukum. Lulusan jurusan hukum punya peluang kerja yang luas, termasuk di sektor perbankan. Jika kamu tertarik bekerja di bank, kamu bisa memilih konsentrasi jurusan hukum kerja di bank . Dengan konsentrasi ini, kamu akan dibekali pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk berkarier di dunia perbankan.

Jurusan Akuntansi

Jurusan akuntansi menyediakan dasar yang kuat dalam prinsip-prinsip akuntansi, audit, dan perpajakan. Lulusan jurusan ini dapat bekerja sebagai akuntan, auditor, dan analis keuangan. Keterampilan mereka sangat dibutuhkan di berbagai industri.

Jurusan Manajemen Sumber Daya Manusia

Jurusan manajemen sumber daya manusia mempersiapkan mahasiswa untuk mengelola dan mengembangkan karyawan di lingkungan kantor. Mereka belajar tentang perekrutan, pelatihan, kompensasi, dan hubungan kerja. Lulusan jurusan ini dapat bekerja sebagai manajer SDM, perekrut, dan konsultan SDM.

Keterampilan yang Dibutuhkan untuk Pekerjaan Kantoran

Sukses dalam pekerjaan kantoran memerlukan perpaduan keterampilan teknis dan non-teknis. Keterampilan teknis meliputi pengetahuan tentang perangkat lunak dan peralatan kantor, sementara keterampilan non-teknis mencakup komunikasi, pemecahan masalah, dan manajemen waktu.

Bagi yang bingung mencari kerja kantoran yang sesuai jurusan, jurusan hukum punya prospek bagus di BUMN. Ada banyak posisi hukum yang tersedia, seperti Legal Counsel atau Legal Officer. Kalau tertarik, kamu bisa baca tips lengkapnya di jurusan hukum kerja di bumn . Kembali ke topik kerja kantoran, selain hukum, ada banyak jurusan lain yang juga cocok, seperti manajemen, akuntansi, dan teknik.

Keterampilan Teknis

Keterampilan teknis sangat penting untuk kelancaran operasi kantor. Beberapa keterampilan teknis yang umum dibutuhkan meliputi:

  • Penguasaan perangkat lunak pengolah kata (misalnya, Microsoft Word, Google Docs)
  • Penguasaan perangkat lunak spreadsheet (misalnya, Microsoft Excel, Google Sheets)
  • Pengetahuan tentang sistem manajemen basis data (misalnya, Microsoft Access, Oracle)
  • Keterampilan presentasi (misalnya, Microsoft PowerPoint, Google Slides)
  • Pengetahuan tentang perangkat keras kantor (misalnya, printer, mesin fotokopi, mesin faks)

Keterampilan Non-Teknis

Keterampilan non-teknis sama pentingnya dengan keterampilan teknis. Keterampilan ini memungkinkan karyawan untuk bekerja secara efektif dengan orang lain dan menyelesaikan tugas dengan efisien.

  • Keterampilan komunikasi yang baik (tertulis dan lisan)
  • Keterampilan pemecahan masalah yang kuat
  • Manajemen waktu yang efektif
  • Keterampilan interpersonal yang baik
  • Kemampuan untuk bekerja secara mandiri dan sebagai bagian dari tim

Jenis Pekerjaan Kantoran yang Tersedia

Dunia kerja kantoran menawarkan berbagai macam peluang karier, masing-masing dengan tanggung jawab, kualifikasi, dan kisaran gaji yang unik.

Posisi Administrasi

  • Asisten Administrasi:Memberikan dukungan administratif umum, seperti menjadwalkan janji temu, mengelola korespondensi, dan memesan perlengkapan.
  • Resepsionis:Menyambut tamu, menjawab telepon, dan memberikan informasi umum.
  • Petugas Pengarsipan:Mengelola dan mengatur dokumen dan catatan.

Posisi Keuangan

  • Akuntan:Merekam dan menganalisis transaksi keuangan, menyiapkan laporan keuangan, dan mengajukan pajak.
  • Analis Keuangan:Menilai investasi dan membuat rekomendasi keuangan.
  • Bendahara:Mengelola keuangan organisasi, termasuk mengelola arus kas dan investasi.

Posisi Sumber Daya Manusia

  • Petugas Sumber Daya Manusia:Melakukan perekrutan, pemecatan, dan pelatihan karyawan, serta menangani masalah hubungan karyawan.
  • Manajer Sumber Daya Manusia:Mengembangkan dan mengelola kebijakan dan prosedur SDM, serta mengawasi departemen SDM.
  • Spesialis Kompensasi dan Manfaat:Merancang dan mengelola program kompensasi dan tunjangan.

Posisi Operasional

  • Manajer Operasi:Merencanakan, mengelola, dan mengkoordinasikan operasi bisnis, termasuk produksi, logistik, dan layanan pelanggan.
  • Analis Operasi:Mengidentifikasi dan menganalisis area untuk perbaikan proses dan efisiensi operasional.
  • Spesialis Rantai Pasokan:Mengelola aliran barang dan jasa dari pemasok ke pelanggan.

Posisi Teknologi Informasi

  • Teknisi Komputer:Menyediakan dukungan teknis untuk perangkat keras dan perangkat lunak.
  • Pengembang Perangkat Lunak:Merancang, mengembangkan, dan memelihara perangkat lunak.
  • Analis Sistem:Menganalisis dan merancang sistem informasi untuk memenuhi kebutuhan bisnis.

Cara Mencari Pekerjaan Kantoran

lulusan yang kerja kantoran 2048x1536 1

Menemukan pekerjaan kantoran impian Anda bisa jadi menantang, tetapi dengan persiapan dan strategi yang tepat, Anda dapat meningkatkan peluang keberhasilan. Artikel ini akan memandu Anda melalui langkah-langkah penting dalam pencarian kerja kantoran, memberikan kiat dan sumber daya yang akan membantu Anda menonjol dari kandidat lainnya.

Untuk kamu lulusan sarjana yang ingin berkarier di kantoran, banyak jurusan yang bisa kamu pilih, mulai dari akuntansi, manajemen, hingga teknik informatika. Nah, buat kamu yang ingin mencoba peruntungan di negeri orang, bisa juga lho melirik peluang kerja apa tki di korea . Ada banyak posisi menarik yang bisa kamu lamar, seperti operator pabrik, asisten perawat, hingga penerjemah.

Gimana, tertarik?

Menentukan Target Karier

Sebelum memulai pencarian kerja, penting untuk menentukan target karier Anda. Pertimbangkan keterampilan, minat, dan tujuan jangka panjang Anda. Riset berbagai peran kantor dan identifikasi bidang yang sesuai dengan kualifikasi dan aspirasi Anda.

Menulis Resume dan Surat Lamaran yang Efektif

Resume dan surat lamaran Anda adalah kesan pertama Anda terhadap calon pemberi kerja. Pastikan resume Anda menyoroti keterampilan dan pengalaman yang relevan, dan disesuaikan dengan setiap pekerjaan yang Anda lamar. Surat lamaran Anda harus menunjukkan minat Anda pada posisi tersebut, serta menguraikan bagaimana kualifikasi Anda sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Memanfaatkan Jaringan Anda

Jaringan adalah alat yang ampuh dalam pencarian kerja. Terhubung dengan profesional di bidang Anda, hadiri acara industri, dan manfaatkan media sosial untuk memperluas jaringan Anda. Beri tahu orang-orang bahwa Anda sedang mencari pekerjaan dan mintalah referensi atau informasi tentang lowongan yang tersedia.

Mencari Lowongan Pekerjaan

Ada berbagai sumber daya yang tersedia untuk mencari lowongan pekerjaan kantoran. Situs web pekerjaan, seperti LinkedIn, Indeed, dan Monster, adalah titik awal yang baik. Anda juga dapat mengunjungi situs web perusahaan secara langsung untuk memeriksa lowongan yang tersedia. Agen penempatan dapat membantu Anda mencocokkan keterampilan Anda dengan peluang yang sesuai.

Melakukan Wawancara

Setelah Anda mendapatkan wawancara, persiapkan diri Anda dengan baik. Pelajari tentang perusahaan dan posisi tersebut, latih pertanyaan dan jawaban umum, dan berpakaianlah secara profesional. Selama wawancara, bersikaplah percaya diri, antusias, dan fokuslah pada bagaimana keterampilan Anda dapat memberikan nilai bagi perusahaan.

Menegosiasikan Penawaran Kerja

Jika Anda ditawari pekerjaan, penting untuk menegosiasikan penawaran kerja yang sesuai dengan nilai Anda. Ini termasuk gaji, tunjangan, dan peluang pengembangan karier. Bersiaplah untuk bernegosiasi dan jangan takut untuk meminta apa yang Anda layak dapatkan.

Tips Sukses dalam Pekerjaan Kantoran: Kerja Kantoran Jurusan Apa

Jurusan Kuliah Yang Bisa Kerja di Kantor scaled 3

Menjadi sukses dalam pekerjaan kantoran tidak hanya tentang memiliki keterampilan teknis. Ini juga membutuhkan pemahaman tentang etika kerja yang baik dan cara membangun hubungan yang kuat di tempat kerja.

Etika Kerja

Etika kerja yang kuat sangat penting untuk sukses dalam lingkungan kantor. Ini mencakup:

  • Datang tepat waktu dan bekerja lembur saat diperlukan
  • Bersikap profesional dan menghormati rekan kerja
  • Mengambil inisiatif dan bertanggung jawab atas tugas
  • Menyelesaikan tugas tepat waktu dan dengan kualitas tinggi

Membangun Hubungan

Membangun hubungan yang kuat dengan rekan kerja dan supervisor sangat penting untuk kesuksesan karier. Ini dapat membantu:

  • Meningkatkan komunikasi dan kerja sama
  • Membangun kepercayaan dan saling pengertian
  • Menciptakan lingkungan kerja yang positif
  • Mendapatkan dukungan dan bimbingan dari orang lain

Mengelola Stres dan Keseimbangan Kehidupan Kerja

Pekerjaan kantoran bisa membuat stres, jadi penting untuk menemukan cara untuk mengelola stres dan menjaga keseimbangan kehidupan kerja. Ini dapat mencakup:

  • Mengatur waktu dengan baik dan memprioritaskan tugas
  • Beristirahat secara teratur dan mengambil cuti
  • Menjaga kesehatan fisik dan mental
  • Memisahkan waktu kerja dan waktu pribadi

Penutupan Akhir

Teknologi Informasi scaled 1

Dengan memilih jurusan kuliah yang tepat dan mengembangkan keterampilan yang diperlukan, Anda dapat membuka pintu menuju peluang kerja kantoran yang menjanjikan.

FAQ dan Solusi

Apa saja jurusan kuliah yang paling dicari untuk kerja kantoran?

Administrasi Perkantoran, Manajemen Bisnis, Akuntansi, Manajemen Sumber Daya Manusia, dan Teknologi Informasi.

Keterampilan apa yang penting untuk kerja kantoran?

Keterampilan komunikasi, kerja tim, pemecahan masalah, dan penggunaan perangkat lunak perkantoran.

Bagaimana cara mencari pekerjaan kantoran?

Cari lowongan pekerjaan secara online, jaringan dengan profesional, dan pertimbangkan untuk magang atau pekerjaan paruh waktu.

Update Berita Terbaru di Google News